Detail
Date Post :2024-07-30 08:16:09
Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Optik Lentera Makassar Tahun 2023
Abstract
Pengguna media sosial di Indonesia sendiri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, jumlah pemakai aktif jejaring sosial mencapai 191 juta per Januari 2022. Hasil ini mengalami peningkatan 12,35% jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya. Hal ini tentunya membuka peluang bagi berbagai kalangan industri bisnis untuk fokus pada media sosial sebagai platform pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian di Optik Lentera Makassar Tahun 2023. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli Tahun 2023 di Optik Lentera Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei deskriptif. Untuk jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan alat ukur kuisioner yang dipakai dalam pengumpulan data dalam bentuk google form yang dibagikan kepada setiap costumer yang datang di Optik Lentera Makassar yang sudah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Normalitas, Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis.
Dari hasil yang didapatkan pada uji hipotesis, diketahui nilai thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa influencer marketing dengan menggunakan platform instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
keywords
Influencer Marketing, Keputusan Pembelian
URL
Refrensi
Abdurrahman dkk. (2011). Analisis Korelasi, Regresi, Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia;
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Literatur). Eksekutif, 137;
Hardani (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta;
Hasan Alwi dkk. (2005). Kamus besar Bahasa Indonesia (p. 849). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka;
Irwansyah & Sari Anjani (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [The Role Of Media Social Media Influencers In Communicating Messages Using Instagram]. Polygot: Jurnal Ilmiah, 207-208;
Ibrahim, A. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu;
Khafidin. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. umsida, 11-12;
Keller, P. Kotler dan K. L. (2016). Marketing Management. Boston: Pearson;
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Depok: PT RajaGrafindo Persada;
Kotler, P & Amstrong, G (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga;
Miranda & Sofia (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. media.neliti.com, IV, 1;
M. Ivan Mahdi (2022). Retrieved from DataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022;
Muhammad Miftahul Fathurrahman dkk. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla. Prosiding Senapenmas, 1209-12018;
Prihatiningsih & Wiranti (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Jurnal Communication VIII, 52;
Reza Nur Shadrina & Yoestini Sulistyanto (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Diponegoro Journal Of Management, 1;
Sanjaya & Surya (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT.Sinar Sosro Medan. Jurnal Umsu, 108-122;
Saputra dkk. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut). Prismakom, 35;
Sartika dkk. (2022). Apakah Influencer Marketing berpengaruh pada Pengambilan Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Generasi Z? Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 20-21;
Suharto. (2016). Pengaruh Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan. Jurnal Derivatif, 26-44;
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta;
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.