Detail
Date Post :2022-11-18 07:45:51
Hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tajam penglihatan siswa kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Plus Fatahillah Ciledug 2021
Abstract
Teknologi berkembang dengan pesat sesuai dengan zamannya. Salah satu bentuk teknologi yang beredar adalah gadget. Gadget tidak hanya digunakan oleh kalangan remaja dan dewasa, tetapi juga digunakan oleh kalangan usia anak sekolah. Tahap pengenalan gadget pada anak usia sekolah merupakan usia yang masih terlalu awal. Pada usia sekolah, permainan anak lebih disarankan pada permainan fisik, keterampilan intelektual, fantasi serta terlibat dalam kelompok atau tim (Suherman, 2012). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tajam penglihatan pada siswa MI Plus Fatahillah ciledug dengan pendekatan Cross Sectional dimana subjek penelitian hanya diperiksa satu kali dan pada satu saat. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data primer sebagai pengumpulan sumber data. Penelitian ini yang menjadi sumber data penelitian adalah data primer yaitu dengan memberikan kuesioner serta melaukan observasi kepada murid siswa/siswi kelas 6 MI Plus Fatahillah. Hasil olah data SPSS didapatkan hasil uji regresi sederhana, mengenai hubungan penggunan gadget, hal ini dapat dilihat Berdasarkan nilai signifikansi : dari table Model Summary menjelaskan besarnya nilai korelasi/ hubungan (R) yaitu sebesar 0,108. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,324, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (hubungan penggunaan gadget) terhadap variabel terikat (kualitas tajam penglihatan) sebesar 32,4 %. Adapun untuk hasil uji Hipotesis nilai t diketahui nilai thitung sebesar 0,623 > ttabel 2,00172 , sehingga dapat disimpulkan bahwa variable penggunaan gadget (X) memiliki hubungan dengan variable kualitas tajam penglihatan (Y). Para murid kelas 6 MI Plus Fatahillah rata-rata durasi penggunaan gadget lebih dari 6 jam, dan untuk kualitas tajam penglihatan para siswa tergolong rendah karena banyak murid yang visusnya tidak mencapai 6/6 atau emetrop, maka kesimpulan untuk penelitian ini adalah adanya hubungan penggunaan gadget dengan kualitas tajam penglihatan.
keywords
Penggunaan gadget, kualitas tajam penglihatan
URL
Refrensi
-