Date Post :2022-02-26 05:47:59

Pengaruh penanganan keluhan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan di Optik Melawai Mall Kelapa Gading

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penanganan keluhan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan di Optik Melawai Mall Kelapa Gading yang diambil oleh penulis. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu pengaruh penanganan keluhan pelanggan. Variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah pelanggan di Optik Melawai Mall Kelapa Gading. Sampel dilakukan dengan metode Nonprobability Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan google form ke semua Pelanggan Optik Melawai Mall Kelapa Gading sebanyak 32 responden. Metode statistik menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, dengan pengujian hipotesis uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh instrumen pernyataan dinyatakan valid, karena nilai korelasi (rhitung) > (rtabel). Berdasarkan tabel output “Reliability Statistics” di atas diketahui reliabilitas variabel X yaitu 0.607 > 0.60 dan reliabilitas variabel Y yaitu 0.613 > 0.60, maka dapat disimpulkan bahwa butir soal secara keseluruhan reliabel. nilai signifikasi data pada penelitian ini sebesar 0.189 > 0.05, maka dapat dinyatakan data penelitian ini berdistribusi normal.

keywords
Penanganan Keluhan, Kepuasan Pelanggan.

URL

Refrensi
-