Date Post :2023-07-12 07:02:40

Hubungan antara pengunaan gadget dengan penurunan tajam penglihatan pada customer Optik Joy Pasar Lama Tangerang bulan Maret 2020

Abstract
Penggunaan gadget saat ini sangat meningkat drastis di kalangan dewasa, remaja bahkan anak usia sekolah. Penggunaan gadget yang salah serta frekuensi penggunaan gadget yang berlebihan, posisi yang tidak benar dan intensitas pencahayaan yang tidak baik, akan berdampak terhadap ketajaman penglihatan dan berakibat ada kesulitan terhadap masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Tujuan penelitian menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada customer Optik JOY Pasar Lama Tangerang. Metode penelitian ini dengan cross-sectional dengan metode : simple random sampling,populasi seluruh customer Optik JOY Pasar Lama Tangerang pada bulan Maret 2020, sebanyak 40 responden. Variabel independen penggunaan gadget, variabel dependen ketajaman penglihatan pada customer. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan observasi menggunakan snellen-chart. Analisa data dengan uji chi-square. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden yang selalumenggunakan gadget sebanyak 19 responden (47.5%) mengalami perubahan ketajaman penglihatan ringan, dan responden yang tidak menggunakan gadget hanya sebanyak 1 responden (2.5%) yang mengalami perubahan ketajaman penglihatan normal. Hasil uji statistik menunjukkan p (0,000) > (0,05) ada hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada customer. Responden mengalami perubahan ketajaman penglihatan dengan penggunaan gadget selalu. Ketajaman penglihatan responden adalah ringan. Ada hubungan penggunaan gadget dengan ketajaman penglihatan pada customer.

keywords
gadget, ketajaman penglihatan

URL

Refrensi
-