Date Post :2023-10-18 07:12:45

Gambaran Penjualan Lensa Kontak Lunak di Optik X Mall Botani Square Tahun 2023

Abstract
Penggunaan lensa kontak lunak menyumbang 86% dari penggunaan lensa kontak yang dilaporkan pada tahun 2021. Pengguna lensa kontak Spheris sekitar (45%), untuk lensa kontak torik sekitar 25% . Lensa kontak multifokal sekitar 14% dari pengguna lensa kontak lunak yang cocok. Penggunaan lensa kontak untuk myopia control menyumbang hanya sekitar 2% dari penggunaan lensa lunak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penjualan terbanyak lensa kontak lunak dan solution perawatan di Optik Melawai Botani Square. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari penjualan lensa kontak lunak dan solution perawatan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Optik Mewalai Botani Square yang pernah melakukan pemebelian di Optik Melawai Botani Square. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 379 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu teknik sensus atau sampling total pada konsumen yang melakukan transaksi pembelian Optik Melawai Botani Square bulan Januari sampai Maret 2023. Instrumen pengambilan data menggunakan data sekunder. Distribusi frekuensi digunakan sebagai teknik Analisa data pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan identitas responden dari usia yang paling banyak berusia 24-34 tahun 173 orang (46%), berdasarkan data kacamata responden yang tidak ada kacamata sebanyak 227 orang (66%), berdasarkan jenis kelamin responden yang paling banyak melakukan pembelian lensa kontak lunak yaitu berjenis kelamin perempuan sebanyak 346 orang (91%). Berdasarkan analisa data penjualan lensa kontak lunak yang terbanyak yaitu lensa kontak lunak warna sebanyak 225 lensa kontak (66%), berdasarkan merek lensa kontak lunak warna merek yang terjual terbanyak adalah merek newlook sebanyak 225 lensa kontak (88%), berdasarkan merek lensa kontak lunak clear merek yang terjual paling banyak yaitu merek illustro comfort sebanyak 41 lensa kontak (32%), berdasarkan material lensa kontak lunak clear terbanyak yaitu dengan material hydrogel sekitar (58%), penjualan solution perawatan terbanyak dengan merek aquasoft 49 solution (46%), dan penjualan obat tetes mata terbanyak dengan merek refresh 53 solution (45%).

keywords
Lensa Kontak Lunak, Solution Perawatan

URL

Refrensi
Correa, P. C., Lui, A. C., & Silva, C. B. (2018). Study of the Effectiveness of Multipurpose Solutions on the Bacterial Disinfection of Silicone Hydrogel Contact Lenses In Vitro. Eye Contact Lens; INSIGHT, F. M. (n.d). Contact Lenses Market Overview. Retrieved from FUTURE MARKET INSIGHT: https://www.futuremarketinsights.com/reports/contact-lenses-market; Magdalena, E. S., & Wirabrata, I. (2018). Pedoman Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Rumah Tangga. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 44-45; Morgan, P. B., Efron, N., & Woods, C. A. (2022). International Contact Lens Prescribing. Contact Lens Spectrum, 2; MR, F. (2022). Fact. MR. Retrieved from Contact Lens Solution Market: https://www.factmr.com/report/contact-lens-solutions-market; Rahmawati, D., Budiana , M. W., & Abdilah, B. R. (2022). Pengaruh Lensa Kontak Lunak Terhadap Kenyamanan Pemakaian di SMK kesehatan Letris. Jurnal Mata Optik, 22; Siregar, N. H. (2014). Lensa Kontak. Lensa Kontak, 6-7; SKYQUEST. (2022). Global Contact Lens Market to Hit Sales of $14.02 Billion by 2028 | Top 5. SkyQuest Technology Consulting Pvt. Ltd; Sugiyono, P. D. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta; Suparman, D. (2018). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENJUALAN SPARE PART . Jurnal Ekonomedia, 9.