Date Post :2023-10-20 02:51:24

Gambaran Kecepatan Membaca Pada Siswa Dengan Kelainan Refraksi di SMP NUSANTARA PLUS 2023

Abstract
Kecepatan membaca ialah kegiatan membaca yang memerlukan perhitungan waktu yang telah ditentukan. Namun, gangguan penglihatan (visual impairment) bisa saja terjadi dan dapat menghambat proses belajar mengajar siswa. Gangguan penglihatan adalah kondisi di mana siswa tidak dapat melihat, baik sebagian maupun total. Salah satu dari gangguan penglihatan ialah kelainan refraksi Jenis penelitian yang digunkan ialah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitan ini adalah teknik nonprobability sampling yaitu total sampling atau sensus. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SMP Nusantara Plus dengan total sampel sebanyak 36 orang dari kelas 7 dan 8. Hasil analisa data dari penelitian ini didapatkan bahwa dari seluruh responden yang memiliki kecepatan membaca <140 KPM sebanyak 30 orang (83%) dengan visus <20/20 yaitu 29 orang (97%) dan perempuan menjadi jenis kelamin terbanyak yang memiliki visus <20/20 sebanyak 26 mata kanan dan mata kiri (76%) diikuti oleh kecepatan membaca <140 KPM sebanyak 23 orang (77%).

keywords
Kecepatan Membaca, Kelainan Refraksi

URL

Refrensi
A. Saiyang, B., M. Rares, L., & P. Supit, W. (2022). Kelainan Refraksi Mata Pada Anak. Medical Scope Journal, 60; Afiyah, F. A. (2022). The Correlation Student Reading Speed and Reading Comprehension Achievement of The Tenth-Grade Students in Indonesia. Jurnal Varidika; Anggrayni, D. (2017). Hubungan Kecepatan Membaca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI IPA MA Roudlotul Muta'allimin Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember; Ariaty, Y., Hengky, H. K., & Arfianty. (2019). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA MIOPIA PADA SISWA/I SD KATOLIK KOTA PAREPARE. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare, 377; Budiono, S., Saleh, T. T., Moestidjab, & Eddyanto. (2013). Belajar Ilmu Kesehatan Mata. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP); Budiyanto. (2011). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 12; Fauzi, L., Anggorowati, L., & Heriana, C. (2016). SKRINING KELAINAN REFRAKSI MATA PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENURUT TANDA DAN GEJALA. Journal of Health Education, 79; Heda, N. P. (2021). Gambaran Prestasi Belajar Anak Pada Penderita Ammetropia Pada Siswa Kelas 5 Min Banggai Laut 2021. Program Studi DIII Optometri Akademi Refraksi Optisi Leprindo, 7; Ilyas, H. S., & Yulianti, S. R. (2015). Ilmu Penyakit Mata. Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; Inawati, & Sanjaya, M. D. (2018). KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI OKU. Jurnal Bindo Sastra 2; McClelland, M. D. (n.d.). Processing Determinants of Reading Speed. Journal of Experimental Psychology; Nuriana, & Hidayat, M. T. (2018). TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP IT TAHFIZ ALQURAN WAHYU RIZKI LANGSA. Dosen Program Studi Pend. Bahasa Indonesia FKIP Unsam; Prastiti, S. (2006). Paparan Kuliah Membaca 1. Semarang: PBJS; Priyantini, R. (2014). KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE KECAMATAN CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, 14; Rumondor, N. E., & Rares, L. M. (n.d.). HUBUNGAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI SMP KRISTEN EBEN HAEZAR 2 MANADO. Bagian Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado, 2; Slamet, M. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI METODE LATIHAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 2 DARMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Sugiyono, P. D. (2017). In Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA; Sugiyono, P. D. (2018). In Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA; Tarigan, & Guntur, H. (2008). Membaca : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa; Wahab, A., Syahid, A., & Junaedi. (2021). Penyajian Data Dalam Tabel Distribusi Frekuensi Dan Aplikasinya Pada Ilmu Pendidikan. 41; Wardany, Y., Arfiza, N. H., & Arfianti. (2018). Pengaruh Kelainan Refraksi terhadap Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar X Pekanbaru. Ilmu Penyakit Mata Fakultas Kedokteran Universitas Riau, 82; Wen G, d. (2013). Prevalence of myopia, hypermiopia, and astigmatism in non hispanic white and asian children: multi-ethnic pediatric eye disease study. Department of Preventive Medicine, Keck School of Medicine, University of Southern California, Los Angeles.