Date Post :2023-10-24 03:27:26

Gambaran Minat Beli Lensa Kontak Online pada Gen Z di SMKN 3 Bogor Tahun 2023

Abstract
Di era modern ini banyak generasi z yang ingin tampil beda dan merubah penampilan mereka. Salah satunya fenomena "mata besar" atau fenomena "lensa kontak" yang telah diamati dalam beberapa tahun terakhir. Pembelian barang melalui online shop memang mulai banyak diminati oleh generasi z saat ini. Maraknya penjualan lensa kontak lunak secara online tentunya dapat berdampak buruk bagi konsumen, apabila tidak mengetahui tentang lensa kontak lunak yang dibeli secara mendetail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran minat beli lensa kontak online pada gen z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa/i generasi z SMKN 3 Bogor tahun 2022. Sumber datanya adalah data primer yang diambil langsung dari responden melalui pengisian kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi. Dari sampel yang diteliti pada penelitian ini, para responden memiliki minat beli lensa kontak lunak di online shop. Berdasarkan identitas responden dari jenis kelamin yang paling banyak berjenis kelamin perempuan sebanyak 51 orang (96%), dari usia responden yang paling banyak berusia 18 tahun 17 orang (32%).Berdasarkan analisa data dari penelitian yang dilakukan, responden pengguna kacamata sebanyak 21 orang (40%), dan pengguna lensa kontak lunak sebanyak 12 orang (23%). Responden yang mencari informasi lensa kontak lunak terlebih dahulu sebelum membeli di online shop sebanyak 40 orang (75%), minat beli responden paling banyak dipengaruhi oleh faktor merk sebanyak 34 orang (64%) serta beberapa faktor lainnya.

keywords
Lensa kontak lunak, Minat beli, Gen z, Belanja Online

URL

Refrensi
Abzari, M., Ghassemi, R. A., & Vosta, L. (2014, Agustus). Analysing the Effectof Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 822-826. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.483; Anwar, q. (2014). Pengaruh program promosi penjualan terhadap minat beli kompas harian di surabaya selatan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 2. Diambilkembalidarihttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/8023/8270; Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (Ed.Rev.2010 , Cet. 14 ed.). Jakarta: Rineka Cipta; Chen, J., & Simpson, T. (2011, Maret). A Role of Corneal Mechanical Adaptation inContact Lens–Related Dry Eye Symptoms. Investigative Ophthalmology & Visual Science, 52(3), 1200-1205. doi:10.1167/iovs.10-5349; Ferdinand, . T. (2014). Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi. semarang: universitas diponegoro; Ferdinand, A. T., & Meiliani, N. (2016, september). ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK DESAIN PRODUK, DAYA TARIK PROMOSI, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP CITRA MEREK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MINAT PEMBELIAN KONSUMEN; Diponegoro Journal of Management, 5, 449-459. Diambil kembali dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13490; Fonn, D., Reyes, M., Terry, R., & Williams, L. (2000). Pelajaran Lensa Kontak IACLE Modul 4 (1 ed.). Sydney; Ibrahim, Y. W., Boase, D., & Cree, I. (2009). How Could Contact Lens Wearers Be at Risk of Acanthamoeba Infection? A Review. Journal of Optometry, 2(2), 6066. doi:https://doi.org/10.3921/joptom.2009.60; J.Fogel, C. Z. (2008). Contact lenses purchased over the internet place individuals potentially at risk for harmful eye care practices. DOI: 10.1016/J.OPTM.2007.07.013 Corpus ID: 1015798; Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Diambil kembali darihttp://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=11722&pRegionCode=S IPERBANG&pClientId=637; Lucas, D. B., & Britt, S. (2012). Measuring Advertising Effectiveness: McGraw Hill Series In Marketing And Advertising. Literary Licensing, LLC; Nazhriyah, R. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Pelajar Putri Tentang penggunaan Lensa Kontak di SMK Nusantara 1 Ciputat Kota Tengerang Selatan Tahun 2015. Journal of Chemical Information and Modeling. doi:10.1017/CBO9781107415324.004; Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; Panjwani, N. (2010, april). Pathogenesis of acanthamoeba keratitis. Ocul Surf. doi:10.1016/s1542-0124(12)70071; Pratama Afrianto, A. a. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, doi: 10.47233/jteksis.v3i1.181; Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I . (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3. doi:doi: 10.47233/jteksis.v3i1.181; Prensky,M.(2001).DigitalNativesDigitalImmigrants.https://www.marcprensky.com/writing/Prensky%20%20Digital%20Natives,%20Digital%20Immigrants%20-%20Part1.pdf; Sari, C. A. (2015, Juli). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga. Jurnal AntroUnairdotNet, 4, 208.Diambilkembalidarihttp://journal.unair.ac.id/filerPDF/auna97cbdaabbfull.Pdf; Simanjuntak, A. (2020). Durasi penggunaan lensa kontak dengan resiko terjadinya keratitis.https://isainsmedis.id/index.php/ism/article/view/561/453,Volume 11, Number 1: 66-74; Sugiyono, P. D. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. (S. M.Setiyawami, Penyunt.) Bandung: Alfabeta; Tazkiyyaturrohmah, R. (2018, mei). Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat TransaksiKeuanganModern.3,23.doi:DOI:10.21154/muslimheritage.v3i1.1 240; Wu, Y., Carnt, N., Willcox, M., & Stapleton, F. (2010, maret). Contact lens and lens storage case cleaning instructions: whose advice should we follow? Eye & Contact Lens, 68-72. doi:10.1097/ICL.0b013e3181cf8aff.