Date Post :2023-11-29 06:52:23

Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Di Optik Ria Tangerang Tahun 2023

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian kacamata di Optik Ria Tangerang. Word of mouth adalah jenis komunikasi yang berpengaruh besar terhadap keputusan dan perubahan perilaku pelanggan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Penelitian dilakukan di Jl. Raya Pasar Kemis Rt 06 Rw 04 Km.06 Cilongok Sukamantri Tangerang Banten 1556 dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pada analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier, dan uji hipotesis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa variabel X (word of mouth) berpengaruh terhadap variabel Y (keputusan pembelian).

keywords
Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

URL

Refrensi
Aditya, K. Y. (2017). Peran Brand Equity Dalam Memediasi Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase intention. E-Jurnal Manajemen Unud Vol.6 No.2, 830-856; Agusty, f. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas. Diponegoro. Semarang; Dzian et al. (2015). The analysis of WOM in Slovak Republic and impact of WOM on consumers's purchasing decision. Procedia Economics and Finance Vol.26, 975-981; Febiana, K. D., & Sunarti. (2014). Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian pada Biker's Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 1-6; Hasan, A. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Yogyakarta, CAPS; Iwan , S., & Boy, S. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada Ecommerce. Jurnal Computech & Bisnis , 23-36; Nuryadi, e. (2017). DASAR DASAR STATISTIK PENELITIAN. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA; Putri F.C., a. S. (2016). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada konsumen Legipait Coffeeshop Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.34 No.1, 86-95; Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 8-9; Sari, R. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Word Of Mouth Communication Terdapat Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mehel Semarang. Jawa Tengah : Universitas Diponegoro; Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Markening. Austin: Greenleaf Book GroupPress., 12; Setyawan, D. A. (2022). Buku Petunjuk Praktikum Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Pengumpulan Data Menggunakan SPSS; Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; Supriadi, G. (2021). STATISTIK PENELITIAN PENDIDIKAN. Yogyakarta: UNY Press.