Date Post :2023-12-13 04:28:45

Gambaran Diskon Terhadap Penjualan di Optik Maestro Bogor Tahun 2023

Abstract
Diskon didefinisikan sebagai pengurangan suatu produk dari harga normal dalam jangka waktu tertentu. Diskon merupakan cara untuk menstimulasikan pembelian yang lebih cepat atau lebih besar atas produk atau jasa yang ditawarkan agar terjadinya peningkatan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran diskon terhadap penjualan di Optik Maestro Bogor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampling dalam penelitian ini adalah konsumen Optik Maestro Bogor yang pernah melakukan pembelian produk dengan diskon paket pada bulan April sampai Juni 2023. Instrumen pengambilan data menggunakan data sekunder. Penelitian ini menghasilkan total 160 survei yang disesuaikan menunjukan bahwa berdasarkan identitas responden mayoritas konsumen (53,8%) berjenis kelamin perempuan, dari segi pekerjaan sebagian besar konsumen (35%) terlibat dalam kegiatan wirausaha setelah itu karyawan (29,4%) sebagai kelompok terbesar kedua. Sebagian besar konsumen (98,1%) tertarik dengan diskon yang diberikan dan kepuasan konsumen terhadap kualitas sebesar (96,3%), (93,8%) konsumen puas dengan layanan yang telah diberikan. Kesimpulan dari penelitian selama periode diskon berdasarkan data yang ada, mengalami lonjakan penjualan di dua bulan yakni April dan Mei, namun mengalami penurunan kembali pada bulan Juni.

keywords
Diskon, Penjualan, Minat Beli

URL

Refrensi
Fadilah, Adil. Syarif, Rini. 2013. Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 1 No. 1, 2013 pp. 77-84 STIE Kesatuan ISSN 2337 – 7860. Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan. Bogor; Faesol, Amir. 2013. Jurnal Manajemen Bisnis Vol 3 No 1 : Efektivitas Diskon dan Hadiah Sebagai Sarana Promosi Penjualan Untuk Menarik Niat Beli Konsumen Pada Bumbu Magic Lezat. PT. Gawih Jaya – Wismilak; Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta. Bandung; Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Implementasi, Pengendalian dan Kontrol. Edisi 2. Jilid 1. Prenhalindo, Jakarta; Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14th edition. Harlow: Pearson Education; MarkPlus. 2009. MarkPlus Barsics. Esensi. Jakarta; Ma’ruf, H. 2005. Pemasaran Ritel. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta; Satyo Ferdinan, Maya. Suprihhadi, Heru. 2013. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 8 : Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia; Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta; Tjiptono, F., G. Chandra, dan D. Andriana. 2008. Pemasaran Strategik. Andi. Yogyakarta.