Date Post :2023-12-18 06:32:30

Pengaruh Durasi Penggunaan Smartphone Terhadap Kelainan Refraksi Pada Remaja di Optik Semesta Banyuwangi Tahun 2023

Abstract
Kelainan refraksi adalah masalah mata yang umum terjadi pada remaja, dan penggunaan smartphone yang berlebihan telah menjadi tren yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Remaja menghabiskan waktu yang signifikan dengan menggunakan smartphone untuk keperluan pendidikan, hiburan, dan interaksi sosial. Namun, penggunaan yang berlebihan dan durasi yang panjang dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mata. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh durasi penggunaan smartphone terhadap kelainan refraksi pada remaja. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei kuesioner dan pemeriksaan mata. Durasi penggunaan smartphone dicatat, dan kelainan refraksi dianalisis melalui pemeriksaan refraksi mata. Partisipan penelitian terdiri dari remaja usia 10-19 tahun sebanyak 62 responden yang menggunakan smartphone secara aktif. Pengumpulan sampel dilakukan secara non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan melihat nilai persentase, frekuensi dan nilai koefisien determinasi (r square) untuk mengetahui besaran pengaruh antar variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara durasi penggunaan smartphone dan kelainan refraksi pada remaja dengan nilai r square 79,3%. Remaja yang menggunakan smartphone lebih dari lima jam sehari memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan kelainan refraksi, seperti myopia dan astigmatisme. Dari 62 sampel menunjukkan bahwa kelainan refraksi akibat durasi penggunaan smartphone didominasi oleh perempuan (74,2%), dengan usia terbanyak 19 tahun (37,1%), dengan jenjang pendidikan SMA (37,1%). Pengguna smartphone dengan durasi lebih dari lima jam sehari mencapai 83,9%. Kelainan refraksi yang dialami secara keseluruhan (100%) melibatkan kedua mata/bilateral. Diagnosa tersering adalah astigmatisme myopia kompositus pada mata kanan (59,7%) dengan derajat ringan (64,5%) dan mata kiri (56,5%) dengan derajat ringan (59,7%). Dari pemeriksaan visus, 100 % responden yang memiliki visus awal < 6/6 setelah dikoreksi sebanyak 90,3% mencapai visus 6/6.

keywords
durasi penggunaan smartphone, kelainan refraksi, remaja, myopia, astigmatisme

URL

Refrensi
Abdu, S., Saranga', J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24-30. doi:https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59; Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/464453- metodologi-penelitian-kuantitatif-10d6b58a.pdf; Benjamin, W. J. (2006). BORISH'S CLINICAL REFRACTION, SECOND EDITION. Philadelphia, USA: Elsevier; Boyd, K. (2022, Agustus 5). What Is Astigmatism? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment. Retrieved from https://www.aao.org/eye- health/diseases/what-is-astigmatism; Budiono, S. (2013). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Mata. Surabaya: Airlangga University Press (AUP); data.ai. (2023). State of Mobile 2023. San Francisco: data.ai Legal Department; Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; Grosvenor, T. (2002). Primary Care Optometry (4 ed.). Philadelphia: Butterworth Heinemann Elsevier; Hasanah, U., Hijrianti, U. R., & Iswinarti. (2020). Pengaruh Smartphone Addiction Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Proyeksi : Jurnal Psikologi, 15(2), 182-191. doi: http://dx.doi.org/10.30659/jp.15.2.182-191; Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. doi: https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678; Khalid, N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN MIOPIA PADA SISWA SMP NEGERI 12 MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 14(3), 325-330. doi:https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jikd/article/view/414; Khurana, A. (2008). Theory and Practise of Optics and Refraction. Okhla: Elsevier; Murti, K. W. (1999). Komunikasi Visual. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Yogyakarta; Nisaussholihah, Faradis, N., Roesbiantoro, R., Andi, M., Salim, D. S., & Masdan, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Pada Anak Usia Sekolah (4-17 Tahun) Di Poli Mata Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Kesehatan Islam, 9(2), 55-59; Nursiddieq, M. H., Wahyudi, & Hikmawati. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Blended Learning Berbantuan PhET Melalui Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 466-473. doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.501; RI, K. K. (2013). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta Pusat: Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. Retrieved from http:www.badankebijakan.kemkes.go.id/laporan-hasil-riset-kesehatan- dasar-riskesdas/; RI, K. K. (2014). Situasi Gangguan penglihatan Mata. Jakarta Pusat: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Retrieved from https://www.kemkes.go.id/article/view/15021800005/situasi-gangguan- penglihatan-dan-kebutaan.html; RI, K. K. (2018). Peta Jalan Penanggulangan gangguan penglihatan di Indonesia Tahun 2017-2030. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; Utami, A. N. (2019). Dampak Negatif Adiksi Penggunaan Smartphone Terhadap Aspek-Aspek Akademik Personal Remaja. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1-14. doi: https://doi.org/10.21009/PIP.331.1; WHO. (2019). World report on vision. Geneva: WHO. Retrieved from https://www.who.int/publications/i/item/9789241516570; Widia, C., A, N., & D, D. (2021). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Prevalensi Astigmatisma. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 7(1), 27-31. Retrieved from https://doi.org/10.33755/jkk.v7i1.192; Zulkifli, M., Wahida, W. A., & Sendi. (2022). Dampak Teknologi Smartphone Di Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Perilaku Siswa. An-Nahdlah : Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 201-212. doi: https://doi.org/10.51806/an- nahdlah.v1i3.29.