Detail
Date Post :2023-12-21 06:56:48
Pengaruh Edukasi Jenis Lensa terhadap Keputusan Pembelian Kacamata pada Pelanggan Optik Internasional Malang Tahun 2022
Abstract
Salah satu panca indera manusia yang sangat penting adalah mata. Mata adalah organ penglihatan yang mampu mendeteksi cahaya. Salah satu dari gangguan mata yaitu kelainan refraksi seperti myopia, hypermetropia, dan astigmatism yang dapat dikoreksi dengan kacamata. Kemajuan dari dunia perkacamataan memunculkan beragam pilihan bingkai dan lensa. Material lensa juga telah berkembang dan tesedia dengan beragam macam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhunan, aktifitas sehari – hari, kenyamanan dari pengguna lensa. Sehingga sebagai optician berkewajiban memberi arahan penjelasan dan mengedukasi dalam hal pemilihan lensa yang dapat seusai dengan kebutuhan, keinginan, kenyamanan, dan aman bagi pengguna kacamata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menguji pengaruh edukasi jenis lensa terhadap keputusan pembelian kacamata. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Optik internasional cabang Malang, hanya 30 pelanggan yang memenuhi kriteria sampel penelitian yang telah ditetapkan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan bantuan SPSS.
Dari hasil penelitian terhadap 30 responden yang sudah diedukasi tentang jenis lensa, sebanyak 24 sampel atau sebesar 83,3% memilih lensa berbahan plastik dan 5 sampel atau sebesar 16,7% memilih lensa kaca. Dari hasil hipotesis menggunakan uji T yang diperoleh menunjukan nilai signifikasi kurang dari 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh edukasi jenis lensa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kacamata di Optik Internasional pada periode bulan Maret – Mei 2022.
keywords
Edukasi, Jenis Lensa, Pembelian Kacamata
URL
Refrensi
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press;
Citek K. Anti-reflective coatings reflect ultraviolet radiation.Journal of the American Optometric Association, 2008. 79( 3):143-148;
Elkington AR, Frank HJ. Clinical Optics. 3rd editionLondon: Blackwell Science. 2006. hal 74-98;
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro;
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang;
Kingslake R, Barry J. Lens Design Fundamentals. Edisi ke-2. United States of America: SPIE Press. 2010. hal. 137-172;
Moleong, J, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung;
Mohan K, Ashok S. How often are spectacle lenses not dispensed as prescribed. Indian J Ophthalmol. 2012. Nov-Dec; 60(6): 553–555;
Notoatmojo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta;
Novida, E., & Sunandar, H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan. Produk Lensa Kacamata Menggunakan Metode Promethee II, 17, 71–78;
Prasetyo, Waluyo (2016). Pembuatan Purwarupa Sistem Informasi Persediaan Optik. Journal of Research and Technology, Vol. 2 No. 2 Desember 2016;
Pratiwi (2021). Pengaruh Edukasi terhadap Keputusan Pembelian Lensa Anti Blue Ray pada Penderita Myopia Usia Remaja di Optik Red Green Palangka Raya Tahun 2021;
Sandrakh, Geralda S. 2013. Analisis Pengaruh Penilaian Konsumen Pada Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Private Label (Studi pada Indomaret BanyumanikSemarang). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang;
Stephens GL. Spectacle lens Materials. Dalam: Benjamin BJ. Editor Borish’s Clinical Refraction. China: Butterworth Heinemann Elsevier.2006.1026-1100;
Supandi, Y. D. K., (2021). Pengaruh Edukasi terhadap Keputusan Pembelian Lensa Photocromic pada customer yang bekerja di ;uar ruangan di Optik Terang Sedati, Sidoarjo pada Januari - Maret 2021;
Susiyanti. 2016. Pengaruh Edukasi Terstruktur Terhadap Pemilihan Kontrasepsi Pada Ibu Menyusui 0-6 Bulan. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan;
Tjahyadi, Rully Arlan and Kuswoyo, Chandra and Cen Lu, - and Irianto, William (2021) Pengaruh Edukasi Pelanggan pada Loyalitas Pelanggan Melalui Kualitas Jasa. Jurnal Ilmu Manajemen, 9 (1). pp. 346-354. ISSN 2549-192X.