Detail
Date Post :2024-07-12 04:49:56
Pengaruh Pemeriksaan Refraksi Dengan Menggunakan Autorefraktometer Terhadap Kepuasan Pelayanan Pelanggan Di Optik A. Samik Tangerang Tahun 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pemeriksaan Refraksi Dengan Menggunakan Autorefraktor Terhadap Kepuasan Pelayanan Pelanggan Optik A. Samik Kiasnawi Tangerang yang di ambil oleh penulis. Pengumpulan data di gunakan dengan kuesioner di sebarkan menggunakan lembaran print ke pelanggan dari Optik A. Samik Kiasnawi Tangerang sebanyak 30 responden. Metode statistic menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, dengan pengujian hipotesis uji statistic. Hasil ini menunjukan bahwa nilai Sig. Untuk pengaruh variabel Pengaruh Pemeriksaan Refraksi Dengan Menggunakan Autorefraktor(X) pengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y) signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemeriksaan refraksi menggunakan autorefraktor (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan pelayanan pelanggan (Y). nilai t hitung sebesar 8,292 > T tabel 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemeriksaan refraksi dengan menggunakan autorefraktor (X) mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan pelayanan pelanggan (Y).
keywords
Pengaruh Pemeriksaan Refraksi Dengan Menggunakan Autorefraktor, Kepuasan Pelayanan Pelanggan
URL
Refrensi
Angkawijaya, M. A. (2020). PEMERIKSAAN REFRAKSI SUBYEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN. Jurnal Mata Optik;
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta;
Atik, R. d. (2005). Manajemen pelayanan : pengembangan model konseptual, penerapan citizen's charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;
Borish, I. M. (2006). Borish’s Clinical Refraction, Second Edition. St. Louis,Missouri : Westline Industrial Drive;
Kurtz Daniel, C. N. (2016). ClinicalProcedures for Ocular Examination.Edisi ke-5. McGrawHill Education;
Angkawijaya, M. A. (2020). PEMERIKSAAN REFRAKSI SUBYEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN. Jurnal Mata Optik;
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta;
Atik, R. d. (2005). Manajemen pelayanan : pengembangan model konseptual, penerapan citizen's charter dan standar pelayanan minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar;
Dr. Wahidmurni, M.Pd. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUANTITATIF. wahidmurni@pips.uin-malang.ac.id;
Fajri, M. R. (2021). PERBANDINGAN HASIL KOREKSI PEMERIKSAAN SUBJEKTIF DAN OBJEKTIF PADA MATA MYOPIA ASTIGMAT DI OPTIK I-EYE MALL OF INDONESIA;
Gurnan, B., & Kirandeep Kaur. (2023). Autorefractors. StatPearls Publishing LLC;
Gurnani, B. &. (2022). Autorefractors. In StatPearls;
Hosen, M. N., Lathifah, F., & Ferry Jie. (2021). Perception and expectation of customers in Islamic bank perspective. Journal of Islamic Marketing, 1-9;
Irma, K., & dkk. (2021). PERBANDINGAN HASIL PEMERIKSAAN MENGGUNAKAN AUTOREFRAKTOMETER DENGAN MANUAL SNELLEN CHART DI RSU.SIBOLGA. JURNAL DARMA AGUNG, Vol. 29 No. 3, 474 - 484;
K.Lang, G. (2007). Ophthalmology:A Pocket Textbook Atlas. Thieme Verlag: Opep Cahaya Nugraha;
Kaihatu, D. T., Daengs, D. A., & Indrianto, A. T. (2015). Manajemen Komplain. Yogyakarta: CV. Andi Offset;
Keith, E. (2009). Edwards Keith.Optometry: Science,Techniques, and Clinical Management.Edisi ke-2. Butterworth Heinemann Elsevier;
Kotler dan Keller. (2009). "Manajemen Pemasaran” edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga;
Lai, L.-J. L. (2014). The Relationship Between Myopia and Ocular Alignment among Rural Adolescents. Open Journal of Preventive Medicine, Vol. 4 No. 11, November 13;
Lukman, S. (2011). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press;
Moenir. (2010). Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara;
Munandar, D. (2016). Relationship Marketing Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Ekuilibria;
Nugroho, A., & dkk. (2022). TINGKAT AKURASI PEMERIKSAAN KELAINAN REFRAKSI DENGAN MENGGUNAKAN TENTATIF KOREKSI DAN AUTOREFRAKTOMETER. Jurnal ABDI MASADA;
Paramitasari, D., & Ratnaningsih, N. (2018). GAMBARAN KELAINAN REFRAKSI TIDAK TERKOREKSI PADA PROGRAM PENAPISAN OLEH UNIT OFTALMOLOGI KOMUNITAS PUSAT MATA NASIONAL RUMAH SAKIT MATA CICENDO DI WILAYAH KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2017. Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran;
Pearce, E. (2009). Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: PT Gramedia;
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung;
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta;
Surakhmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar. Bandung: Teknik Tarsito;
Wiratna Sujarweni, V. (2014). SPSS untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press;
Wiryanto. (2008). Pengantar ilmu komunikasi. Jarkata: PT Grasindo;
Zain, B. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan;
Zeithaml, V., Bitner, M., & Dwayne D. Gre. (2017). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill Education.