Detail
Date Post :2024-07-12 08:22:03
Pengaruh Penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Sebagai Kemudahan Transaksi Pada Customer Di Optik Permata
Abstract
Mesin EDC (Electronic Data Capture) adalah mesin yang berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan transaksi dan metode pembayaran, dengan memasukkan kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit dalam suatu bank maupun antar bank, serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara real-time.
Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan metode secara analisis validitas, reliabilitas, normalitas, analisis regresi linear sederhana. Sampel penelitian ini adalah konsumen optik permata 2023 dengan metode purposive sampling. Terdapat 33 sampel yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode penelitian menggunakan analisis validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linear sederhana dan analisis hipotesis.
Hasil analisis validitas pada penelitian ini menunjukkan bahwa semua butir pertanyaan variable X dan variable Y memenuhi persyaratan validitas. Hasil analisis reliabilitas pada penelitian ini menujukkan bahwa variable X dan Y data tersebut reliable. Hasil dari uji normalitas menujukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil dari uji regresi linier sederhana pada penelitian ini menggunakan 2 pengujian yaitu uji koefisien determinasi dan uji parsial, dari hasil uji determinasi menujukkan bahwa R square yang dihasilkan sangat rendah sehingga menujukkan hasil yang kurang baik. Hasil dari uji parsial menujukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan mesin EDC sebagai kemudahan transaksi.
Penggunaan mesin EDC mempengaruhi kemudahan transaksi sebesar 13%. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan mesin EDC terhadap kemudahan transaksi.
keywords
Mesin EDC, Transaksi
URL
Refrensi
Achir, A. Y., & Kusumaningrum, T. M. (2021). Pengaruh penggunaan Debit Card, Credit Card, E-Money, E-Wallet Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Manajemen, 13(3), 554-568;
Ariadi, W., Rerung, A., & Jatmika, W. (2019). Dampak Implementasi TransaksiI Non Tunai Pemerintah Daerah Terhadap Karakteristik Masyarakat Di Kabupaten Keerom. Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 152-164;
Astuti, R. M., & Wulandari, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pencatatan Pembayaran Kartu Debit dan Kartu Kredit di Hotel Grand Mercure Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(4), 1003-1017;
Fitri, I. N. (2016). Analisis Preferensi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan pada Penggunaan Kartu E-Money sebagai Alat Transaksi;
Hadi, S. S., & Nurjanah, S. (2017). Pengaruh Jumlah Mesin dan Volume Transaksi Mesin EDC Terhadap Fee based Income di bank Mandiri (PERSERO) TBK Cabang Jakarta Plaza Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 14(1), 197-207;
Hendarsyah. (2016). Penggunaan Uang Elektronik dan Uang Virtual Sebagai Pengganti Uang Tunai di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita;
Indrajani. (2008). Analisis dan Perancangan Aplikasi EDC Gateway. Seminar Nasional Informatika, 365-371;
Khairi, M. R., & Gunawan, E. (2019). Analisis Penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan E-Money Terhadap Konsumsi Masyarakat Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1), 19-36;
Kuswibowo, C., & Putri, N. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Menggunakan Mesin EDC Terhadap Kepuasan Merchant Pada PT Bank Rakyat Indonesia Jakarta Pusat;
Listfield, R., & Montes-Negret, F. (1994). Modernizing Payment Systems in Emerging Economies;
Mangani, K. S. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Erlangga;
Meileny, F., & Wijaksana, T. I. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Linkaja Di Indonesia. Jurnal Ecodemica, 200-210;
Nursadi, N., & Adan, M. H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesalahan Transaksi Pembayaran Menggunakan Mesin Electroinc Data Capture (EDC) Pada PT Matahari Department Store Lippo Plaza Buton. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMButon, 2(2), 56-68;
Prabawalingga, I. N., & Yadnyana, I. (2016). Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Dengan Minat Penggunaan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Perilaku Penggunaan Sistem. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3359-3390;
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147;
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta;
Sugiyono. (2013). Jurnal Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta;
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta;
Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 134-166;
Wahyuningsih, N. (2013). Kartu Kredit (Suatu Tinjauan Syariat Islam).