Detail
Date Post :2024-07-16 06:47:04
Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Optik Melawai Jemursari Surabaya tahun 2023
Abstract
Optik merupakan sarana untuk memberikan alat bantu penglihatan. Kualitas pelayanan yang baik seiring perkembangan ekonomi, teknologi, persaingan bisnis di pasar global dan untuk mengimbangi harapan pelanggan supaya merasa puas dan mendongkrak penjualan.
Metode penelitian deskritif kuantitatif, dilakukan di Optik Melawai Jemursari Surabaya dan dilaksanakan dari bulan Maret – April 2023. Populasinya adalah pengunjung yang datang di Optik Melawai Jemursari Surabaya, sampel 30 orang dan sumber data primer dengan wawancara dan kuesioner, hasil ukurnya berdasarkan skala likert.
Hasil penelitian berdasarkan tingkat kepuasaan dimulai dari sangat puas lima responden, puas empat responden, cukup puas tiga responden, tidak puas dua responden dan sangat tidak puas satu responden. Berdasarkan jenis kelaamin laki laki 12 responden (40%), perempuan 18 responden (60%) dan usia 17 – 20 tahun sembilan responden (30%), usia 20 – 40 tahun 11 responden (36,7%), usia > 40 tahun 10 responden (33,3%). Berdasarkan pekerjaan untuk pelajar delapan responden (26,7%), PNS enam responden (20%), Pegawai swasta lima responden (16,7%), wiraswasta 11 responden (36,7%) dengan pendidikan SMP lima responden (16,7%), SMA/SMK 19 responden dan D3/S1 enam responden (20%).
Kesimpulan dari penelitian ini kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan di Optik Melawai Jemursari Surabaya adalah sebesar 0,833 atau 83,3%, dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh pengaruh service quality secara bersamaan.
keywords
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
URL
Refrensi
Andriono. (2012). Kecacatan akibat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja pada mata. http://www.jamsostek.co.id/content_file/mata.pdf;
Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada;
Bandu, M. Y. (2013. ). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT.PLN (Persero) Rayon Makassar Barat”;
Basu Swasta, D. d. (2008). Manajemen Pemasaran Modern,. Yogyakarta: Liberty;
Cipta., S. (2006.). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta;
Fandy Tjiptono, &. G. (2006). Manajemen Pelayanan Jasa,. Yogyakarta: Andi Offset;
Ghozali, I. (2006). In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro;
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro;
Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran;
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia;
Kotler, P. (2009). In M. Pemasaran. Jakarta: Erlangga;
Riduwan, A. &. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta;
Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada;
Sugiyono. (2016). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta;
Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta: Cetakan Pertama. Penerbit UII Press;
Tjiptono, F. (2000). Prinsip- Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset;
Tjiptono, F. d. (2003. ). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset;
Umar., H. (2005). Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis. Jakarta: Grafindo;
Wood, I. (2009). Layanan Pelanggan. Yogyakarta: Graha Ilmu;
Zeithaml, V. A. (2006). Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm. 4th edition. Singapore: International Edition. Singapore: McGraw-Hill.