Date Post :2024-07-23 07:45:17

Gambaran Promosi Melaui Media Sosial Pada Customer Di Optik Saturdays Tahun 2023

Abstract
Promosi merupakan suatu tindakan yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Aspek utama dalam promosi adalah menciptakan pesan yang persuasif dan efektif untuk menarik perhatian konsumen. Saat ini, media sosial tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan hiburan semata, melainkan juga sebagai sebuah strategi promosi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan penelitian yaitu data primer. Populasi dalam penelitian adalah customer dan calon customer. Dari total 32 customer responden Optik Saturdays Cabang Gandaria City, data terbanyak usia terdapat pada usia 21-25 tahun berjumlah 11 customer, untuk jenis kelamin terbanyak terdapat pada responden laki-laki berjumlah 24 customer (75%). Dari hasil penelitian didapatkan 32 responden dengan pengguna media sosial. Dari hasil penelitian media sosial yang membuat responden mengetahui Optik Saturdays terdapat 32 responden. Dari hasil penelitian media sosial apa yang membuat responden mengetahui Optik Saturdays terdapat 32 customer, data terbanyak untuk responden yang mengetahui Optik Saturdays melalui media sosial terdapat pada media sosial instagram yaitu 17 customer (53%). Bagi peneliti berikutnya diharapkan karya tulis ini dapat menjadi pedoman serta perbandingan dalam penelitian ataupun karya tulis lainnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini yang berkaitan dengan pembahasan promosi melalu media sosial, diharapkan dapat menambah jumlah sampel yang lebih banyak dengan menggunakan metode dan teknik yang berbeda.

keywords
Media Sosial, Promosi, Saturdays

URL

Refrensi
Alicia, F., Harahap, F. S., & Lestari, D. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Peran Tiktok di Zaman Milenial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online, 3560; Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Jurnal Teknik ITS. Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia, 438; Basuki, & Iman, T. (2017). Jurnal STEI Ekonomi. Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Teh Botol Sosro Di Kota Bandung, 256; Bilgin, Y. (2018). The Effect Of Social Media Marketing Activities On Brand Awareness, Brand Image And Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 129; Dineva, D. P. (2017). Manajemen konflik perusahaan di halaman penggemar merek media sosial. Jurnal Manajemen Pemasaran , 680; Dr. Khamdan Rifa’i, S. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Yogyakarta; Fitri, I. (2016). Analisis promosi penjualan online, harga, kepercayaan, dan kemudahan terhadap keputusan pembelian online ceker brontak . (Studi pada ceker brontak kota bandar lampung)., 52; Hardani, S. M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif DaN Kuantitatif. Kalangan Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Grup Yogyakarta; Husain Usman, P. S. (2001). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi aksara; Kartini, Gultom, N., & et.al. (2023). Journal of Communication and Islamic Broadcasting. Penelitian Sejarah Sosial Media, 1002; Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid'19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) , 23-24; Onny Fitriana Sitorus, N. U. (2017). Strategi Promosi Pemasaran . Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA; Popon Srisusilawati, J. B. (2023). Loyalitas pelanggan. Kabupaten Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung; Ramadhan, I. H., Priatama, R., Az-Zuhaida, & et.al. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 50; Rangkuti, & Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; Sugito, Sairun, A., & et.al. (2022). Media Sosial (Inovasi Pada Produk & Perkembangan Usaha). Kabupaten Deli Serdang: Universitas Medan Area Press; Udyani, & Rizki, A. (2021). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Kesadaran Merek dan Citra Merek Adidas dan Dampaknya pada Niat Pembelian Konsumen. Diss. STIE Perbanas Surabaya, 1; Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi Bauran Promosi (Pomotional Mix) Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat. Yogyakarta: CV Multi Pustaka Utama; Widiastuti, R. N., Meiningsih, S., & Nugraha, A. (2019). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Jakarta: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika; Yuniarti, N. A. (2020). Pengaruh promosi online melalui TikTok terhadap peningkatan penjualan produk usaha di masa pandemi covid-19. Proceedings the 1st UMYGrace , 500; Yuniarti, Nevita, Ismawati, A., & et.al. (2020). Pengaruh Promosi Online Melalui TikTok Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Proceeding The 1st UMY Grace, 500.