Date Post :2024-07-25 04:50:40

Gambaran Aktivitas Membaca Dengan Astenopia Pada Siswa SMK Nusantara 1 Ciputat Tahun 2023

Abstract
Asthenopia terjadi akibat otot mata bekerja keras saat melihat objek dekat dalam waktu lama, intensitas cahaya, aktivitas membaca menimbulkan mata lelah. Gejala yang dialami adalah ganda, mata merah, perih, gatal, mengantuk, akibat akomodasi yang berlebihan sehingga menurunkan aktivitas membaca dan pola belajar. Jenis penelitian kuantitatif, populasi kelas 10 SMK Nusantara 1 Ciputat berjumlah 47 orang, total sampling 47 orang, data primer dengan teknik pengambilan datanya melalui kuesioner menggunakan kertas dibagikan langsung. Hasil penelitian 15 tahun 13 siswa ( 27,6%), 16 tahun 30 siswa (63,9%), usia 17 tahun 4 siswa ( 8,5%), 28 laki-laki ( 59,6%) 19 perempuan (40,4%), jarak 20 cm 18 siswa (38,3%), 30 cm 22 siswa (46,8%), 40 cm 7 siswa (14,9%) lamanya membaca 4 jam 11 siswa (23%), 2-4 jam 10 siswa (21%), >4 jam 11 siswa (23%), 17 siswa sakit kepala ( 7%), 17 siswa perih mata (7%), 19 siswa mata berair (8%), 34 siswa mata lelah ( 15%), 34 siswa mengantuk (15%), 29 siswa pegal (13%), 20 siswa mengedipkan mata ( 9%), 23 siswa menggosokkan mata ( 10%), 16 siswa tulisan berbayang ( 7%), 21 siswa tertidur (9%), astenopia 15 tahun 11 siswa (24%), 16 tahun 30 siswa (67%), 17 tahun 4 siswa (9%), laki-laki status astenopia 29 siswa ( 58%), perempuan status astenopia 19 siswa ( 42%). Kesimpulan yang menggunakan jarak baca 30cm 22 siswa, waktu < 2 jam 27 siswa, gejala astenopia mengantuk 34 siswa ,usia 16 tahun 30 siswa, laki-laki 29 siswa.

keywords
Membaca, Asthenopia

URL

Refrensi
Anies, d. (2005). Seri Kesehatan Umum Penyakit Akibat Kerja Berbagai Penyakit Akibat Lingkungan Kerja Dan upaya Penanggulangannya. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-10636-DAFTAR%20PUSTAKA.Image.Marked.pdf; Chandra J, K. E. (2018). Hubungan antara durasu aktivitas mmembaca dengan. https://jbiomedkes.org/index.php/jbk/article/view/40; Dorland, W. N. (2002). KamusKedokteran Dorland,alihbahasaHuriwatiHartanto, dkk. edisi 29, ECG, Jakarta; Guo et al., 2. (2018). Astenopia atau sering disebut sebagai kelelahan visual merupakan kelainan yang ... mata kering, dan sensasi benda asing disekitar mata. https://eprints.umm.ac.id/54906/3/BAB%20II.pdf; Han, K. S. (2012). Stress and Sleep Disorder. Experimental. https://doi.org/10.5607/en.2012.21.4.141, 141-150; Hanum, I. F. (2008). Efektivitas Penggunaan Screen pada Monitor Komputer untuk Mengurangi Kelelahan Mata Pekerja Call Centre di PT. Indosat NSR . https://digilib-esaunggul-ac-id.webpkgcache.com/doc/-/s/digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-10636-DAFTAR%20PUSTAKA.Image.Marked.pdf; Ilyas, S. (2008). Penuntun Ilmu Penyakit Mata. Jakarta: FKUI; Mangoenprasodjo, A. S. (2005). Mata Indah Mata Sehat: Menjaga Kesehatan Mata dengan Bijak dan Cerdas. In 2. Thinkfresh, https://onesearch.id/Author/Home?author=A.+Setiono+Mangoenprasodjo (p. 112). 2015; Manuel AP Vilela, V. D. (2015). Asthenopia in schoolchildren. https://www.dovepress.com/getfile.php?fileID=26798; Padmanaba, C. G. (2006). Pengaruh Penerangan Dalam Ruang Terhadap Produktivitas Mahasiswa Desain Interior. http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartementID=INT; Pheasant, S. (1991). Ergonomic, Works and Health. USA: Aspen Publisher Inc; Pheasant, S. (1996). Anthropometry, Ergonomics and The Design Of Work. https://books.google.com/books/about/Bodyspace_Anthropometry_Ergonomics_And_T.html?id=1DrR_nskp8AC; Sabarti Akhadiah MK, d. (1991). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dengan Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. DepdikbudDirektorat Jenderal PerguruanTinggi Proyek Pembinaan TenagaKependidikan, 22; Suma’mur, P. (1989). Ergonomi untuk produktivitas kerja. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26520/1/SELISCA%20LUTHFIANA%20FADHILLAH-FKIK.pdf; Susanti. (2016). Kelainan refraksi ini sangat berpotensi kejadian mata lelah karena daya akomodasi pada mata sudah menurun Faktor External. https://eprints.umm.ac.id/54906/3/BAB%20II.pdf.