Detail
Date Post :2024-07-30 07:46:47
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Optik Banana Depok Tahun 2023
Abstract
Di era globalisasi saat ini kacamata bukan hanya sebagi kebutuhan tapi bisa di gunakan sebagi fasion (penunjang penampilan), maka para pengusaha optikal harus di tuntut jeli guna menarik hati para pembeli kacamata. Dengan melakukan pelayanan yang maksimal sesuai keputusan mentri Kesehatan nomor 41 tahun 2015 tentang setandar pelayanan Refraksi Optisi/Optometris.
Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang telah melakukan pembelian di Optik Banana selama Bulan maret sampai bulan april 2023 dengan sampel sebanyak 80 orang pelanggan yang telah membeli kacamata atau lensa kacamata.
Dari total responden, sebanyak 40 orang (50,0%) merupakan laki-laki, sementara 40 orang lainnya (50,0) merupakan perempuan. Dari total responden, sebanyak 14 orang (17,5%) berusia antara 17 hingga 21 tahun, 30 orang (37,5%) berusia antara 22 hingga 26 tahun, 16 orang (20,0%) berusia antara 27 hingga 31 tahun, 5 orang (6,3%) berusia antara 32 hingga 36 tahun. Selain itu, terdapat 2 orang (2,5%) pada kelompok 37-41 dan 2 orang (2,5%) pada usia 42-46. Sedangkan pada kelompok usia 47-51 dan 52-56 terdapat masing-masing 4 orang (5,0%). Dari hasil uji validitas variabel X dan Y dinyatakan valid karna di dapati rhitung lebih besar dari pada rtabel, dari uji reliability di dapati nilai variabel X 0,721 dan variabel Y 0,681 yang semua angka tersebut lebih besar dari 0,6. sehingga di katakan reliable, dari hasil uji normalitas di dapatkan jika nilai signifikan lebih besar dari 0,5 maka dinyatakan semua variabel normal. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukan bahwa nila R square adalah sebesar 0,043, yang mengindikasikan besaran pengaruh antara variabel X dan Y. Selain itu, dari hasil uji hipotesis.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa semua uji baik itu validasi , reliability, normalitas, hipotesis, bisa di katakan positif hanya saja di uji regresi linier sederhana hanya terdapat sedikit pengaruh kualitas pelayanan terhadap kualitas pembelian di Optik banana yaitu sebesar 0,043 %.
keywords
Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian
URL
Refrensi
Am, P. (2020). BAB III Metode Penelitian. http, 44.;
Anggreni, N. P. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOBER MIE SETAN. http, 556.;
BP, W. (2021). BAB III Metode Penelitian. http.;
Cahyono, Y. (2020). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. VISTA BANGUN PROPERTINDO. http, 2.;
Dinata, A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Pantai Gapura Makassar. http.;
Elis Reynata, S. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA CHARLY VHT FAMILY KARAOKE CABANG GARUT). http.;
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. http, 21.;
Kemenkes. (2015). Standar Pelayanan Refraksi Optisi/Optometris. http.;
Khasanah, D. M. (2015). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK PELANGI KEMASAN 600ML DI SEMARANG. http, 2.;
Komala, R. D., & dkk. (2017). TINJAUAN IMPLEMENTASI PERSONAL SELLING PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL DAIHATSU ASTRA BIZCENTER BANDUNG PADA TAHUN 2017. http.;
Korry. (2017). BAB III Metode Penelitian. http.;
Lubis, M. S. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA KULIAH PADA STIE PASAMAN. http, 78.;
Maramis, F. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. AIR MANADO. http.;
Mokoagow, G. L. (2018). Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Di Alfamidi R.E Martadinata Manado. http, 11.;
Pelayanan. (2019). KJO, 11-13.;
RA, F. (2021). BAB III Metode Penelitian. http, 33.;
Raintung, R. N. (2021). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan GladBeauty Care Manado. http, 141.;
Soenawan, A. D., & dkk. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN D’STUPID BAKER SPAZIO GRAHA FAMILY SURABAYA. http, 400.;
Surbakti, A. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah pada Perusahaan Asuransi. http, 217.;
Tanjung, R., & dkk. (2021). JURNAL AKUNTANSI. http, 74.;
Wahyuni, N. (2016). PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. http.;
Wulandari, T. (2015). ANALISIS PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA MELALUI EKUITAS MEREK POLITEKNIK PERDANA MANDIRI DAN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI DAN BISNIS (STIEB) PERDANA MANDIRI PURWAKARTA. http.;
Yulianti, Y., & dkk. (2017). PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN PEMBANGUNAN SEKRETARIAT KABUPATEN KUTAI TIMUR. http.;
Yuliantika, V. (2018). PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS MAN 2 PONTIANAK. http.