Date Post :2024-08-06 09:22:55

Gambaran Promosi Paket Hemat Kacamata Terhadap Omzet Penjualan Di Optik Internasional Amlapura Bali Tahun 2023

Abstract
Dilihat dari data-data penjualan Optik Internasional Amlapura tahun 2020 sampai 2021 omzet penjualan di Optik internasional Amlapura mengalami penurunan yang cukup signifikan dikarenakan adanya pandemi Covid-19, untuk menaikkan omzet penjualan optik internasional membangun strategi dengan cara mengadakan promosi paket hemat kacamata. Harapannya dengan adanya promosi paket hemat kacamata ini dapat membantu kenaikan omzet penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait seberapa pengaruh promosi paket hemat kacamata terhadap omzet penjualan yang diperoleh optiik internasional selama 2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder tahun 2022 dan tahun 2021 sebagai pembanding perolehan omzet sebelum dan sesudah adanya promosi paket hemat kacamata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan populasi dan sampel yang di ambil dari data sekunder Optik Internasional Amlapura, kemudian dijabarkan atau dideskripsikan dan di analisa menggunakan program komputerisasi Aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara Variabel Promosi Paket Hemat terhadap Variabel Omzet Penjualan. Dalam Uji Normalitas kedua variable juga dikatakan dapat terdistribusi secara normal dilihat dari hasil Uji Kolmogorov-Smirnov Asmp. Sign. Test, dapat dilihat juka nilai residual Asmp. Sign. (2-tailed) sebesar 0.915 > 0,05. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini data yang digunakan terdistribusi normal. Selanjutnya pada Uji Paired Sampel T-Test menunjukan hasil uji post test 35239916,67 lebih besar dibandingkan dengan hasil uji pree test yang hanya 21988433,33. Nilai Sign. (2-tailet) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh Variabel X (Promosi Paket Hemat) terhadap Variabel Y (Omzet Penjualan).

keywords
Promosi Paket Hemat, Omzet Penjual, Kacamata

URL

Refrensi
Sufandy, S. (2020). Analisis dan penerapan bauran promosi pada Toko Adore Batam (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam); Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cash/Mengenal istilah omzet, profit, cash, dan free cash (diakses 16 Mei 2023); Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi dan pengaruhnya terhadap animo calon mahasiswa baru dalam memilih perguruan tinggi swasta. Jurnal Aktual, 16(1), 21-27; Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran; Siregar, M. D. (2021). Penerapan analisis SWOT sebagai landasan penetapan strategi pemasaran (Studi kasus: LPP TVRI Riau) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau); Susanto. (2000). Manajemen pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat, h. 915; Swasta. (1996). Manajemen penjualan. Yogyakarta: BPFE UGM, h. 8; Swastha, Basu. (2001). Manajemen penjualan, edisi 3. BPEE. Yogyakarta: Liberty; Swastha, Basu. (2009). Manajemen penjualan, edisi ketiga. Yogyakarta: BPFE; Wikipedia. ”Kacamata”. https://id.wikipedia.org/wiki/Kacamata (diakses pada tgl 11 Juni 2023).