Detail
Date Post :2024-08-08 04:14:47
Hubungan Antara Durasi Bermain Video Game Dengan Kelainan Refraksi Myopia Pada Siswa Kelas X SMKN 3 Depok Pada Tahun 2023
Abstract
Waktu membaca menjadi salah satu faktor penyebab myopia pada anak. Permainan adalah suatu sistem dengan konflik buatan antar pemain, disertai dengan aturan, untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu tujuannya adalah untuk mengalahkan pemain lain dalam permainan. Kelainan refraksi adalah suatu kondisi di mana bayangan jernih tidak terbentuk di retina (makula), melainkan di bagian depan atau belakang makula, dan tidak hanya berada pada titik tajam.
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui hubungan waktu bermain video game dengan kelainan refraksi miopia pada siswa SMKN 3 Depok tahun 2023. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, merupakan suatu metode yang menggunakan data-data dan angka-angka yang diolah secara statistik untuk menjawab permasalahan suatu penelitian. Penelitian ini dilakukan di Siswa kelas X SMKN 3 Depok pada tahun 2023 dengan jumlah sampling sebanyak 30 siswa/I dari 168 populasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara durasi bermain game dengan kejadian kelainan refraksi myopia pada siswa kelas x SMKN 3 Depok pada tahun 2023.
keywords
Durasi, Game, Kelainan refraksi.
URL
Refrensi
Esposito, N. (2019). A Short and Simple Definition of What a game is. University of Technology of Compiègne;
LANCET, T. (2023). Myopia. Volume 401, Issue 10378 4-10 March 2023;
Marlinda1, E., & Endah Marlinda, A. E. (2020). Relationship Between Duration of Playing Online Games with Eye. Jurnal Ilmu Keperawatan: Journal of Nursing Science 2020, Vol. 8, No. 2, 74-79, 75-76;
Prof. Dr. H. Sidarta Ilyas, S. (2012). Dasar Teknik Pemeriksaan Dalam Ilmu. UI Publishing;
RiandiniPrischiliaZelika. (n.d.). Definisi kelainan refraksi. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id: http://eprints.undip.ac.id/62474/3/RiandiniPrischiliaZelika_22010114120082_BAB_II.pdf;
Sugiyono. (2012). Metode Kualitatif, Kuantitatif, R&D;
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan, R&D. Bandung: PT Alfabet;
Tarigan. (2008). Membaca (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.