Date Post :2022-11-18 06:26:19

Hubungan kelainan miopia yang belum terkoreksi dengan prestasi belajar pada siswa di SD Negeri Karadenan Kaum tahun 2021

Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelainan miopia yang belum terkoreksi dengan prestasi belajar pada siswa di sd negeri karadenan kaum tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat untuk kelulusan Program Studi DIII ARO LEPRINDO Jakarta. Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan metode secara analisis validitas, reliabilitas, normalitas, analisis regresi liner sederhana, dan analisis hipotesis. Sampel penelitian ini adalah Siswa di sd negeri karadenan kaum tahun 2021 dengan metode non-probability sampling. Terdapat 59 sampel yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Metode analisis menggunakan analisis validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linear sederhana dan analisis hipotesis. Hasil analisis validitas pada penelitian ini menunjukkan bahwa semua butir pertanyaan variable X dan variable Y memenuhi persyaratan validitas. Hasil analisis reliabilitas pada penelitian ini menujukkan bahwa variable X dan Y data tersebut reliable. Hasil dari uji normalitas menujukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil dari uji regresi linier sederhana pada penelitian ini menggunakan 2 pengujian yaitu uji koefisien determinasi dan uji parsial, dari hasil uji determinasi menujukkan bahwa R square yang dihasilkan sangat rendah sehingga menujukkan hasil yang kurang baik. Hasil dari uji parsial menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara hubungan kelainan miopia yang belum terkoreksi dengan prestasi belajar pada siswa. Hubungan kelainan miopia yang belum terkoreksi dengan prestasi belajar pada siswa sebesar 24,4%. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh hubungan kelainan miopia yang belum terkoreksi dengan prestasi belajar pada siswa memiliki hubungan yang rendah.

keywords
Miopia, Prestasi Belajar

URL

Refrensi
-